Chakra Seks : Svadhisthana

Chakra Seks : Svadhisthana

Cakra kedua adalah tempat energi kreatif dan seksual berasal. Dari chakra kedua akan berefek dengan perasaan sehat, berkelimpahan, kesenangan, dan sukacita.

Baca Lebih Lanjut Tentang Chakra Lainnya

7 titik cakra manusia
Chakra akar ( Muladhara )
Chakra Pusar ( Manipura )
Chakra Jantung ( Anahata )
Chakra Tenggorokan ( Vishuddha )
Chakra Mata Ketiga ( Ajna )
Chakra Mahkota ( Sahaswara )

Chakra kedua, Svadhisthana, juga dikenal sebagai kreativitas dan chakra seksual. Itu terletak di atas tulang kemaluan dan di bawah pusar, dan meliputi daerah genital dan pleksus hipogastrik. Kata svadhisthana dapat diterjemahkan sebagai "tempat tinggal diri," dan elemen chakra kedua adalah air, yang sama dengan kekompakan. Chakra kedua yang seimbang mengarah ke perasaan sehat, berkelimpahan, kesenangan, dan sukacita. Ketika chakra ini tidak seimbang, seseorang mungkin mengalami ketidakstabilan emosional, takut akan perubahan, disfungsi seksual, depresi, atau kecanduan.

Anda dapat membuka chakra ini dengan ekspresi kreatif dan dengan menghormati tubuh Anda. Energi chakra ini bersifat feminin, pasif, dan lunar.

Kreativitas: Fokus Chakra Kedua

Sebagai manusia, itu adalah bagian dari kodrat kita untuk menciptakan. Kreativitas ini dapat dinyatakan sebagai prokreasi tetapi energi chakra kedua ini hanya tidak terbatas pada membuat bayi. Saat kita melakukan pekerjaan memasak, memanggang, atau berkebun, kita menciptakan kreatifitas. Dan untuk menemukan suatu solusi pada sebuah permasalahan adalah hasil dari kretifitas kita. Setiap kali kita mengambil bahan mentah, fisik atau mental, dan mengubahnya menjadi sesuatu yang baru, kita menggunakan energi kreatif kita.

Masalah dengan kreativitas adalah bahwa kita sering berkecil hati dari upaya kreatif, hal ini biasanya dilihat dari segi pendidikan. Begitu kita melewati fase masa kecil di mana mewarnai, melukis, atau memotong kertas benar-benar sudah dijalani, kita cenderung membentuk diri kita sendiri menjadi makhluk yang kurang kreatif. Dalam proses mengikuti aturan dan menyesuaikan diri pada masyarakat, kadang-kadang kita kehilangan energi kreatif kita dan demikian juga ide unik kita. Orang dewasa terbiasa mengikuti apa yang benar, tren terbaru, atau apa yang dapat diterima orang lain. Kemudian, ketika kita diminta untuk memberikan ide/sesuatu secara abstrak untu menemukan sesuatu yang baru, kita mungkin mengalami kesulitan melakukannya.


Mainkan Seperti Anak Kecil untuk Membangkitkan Energi Kreatif Anda


Kita mungkin merasa terbuka dan kreatif dalam beberapa aspek kehidupan, dan melakukan hal lain dengan kesadaran diri. Semisalnya anda meminta saya untuk menulis buku atau esai, mungkin saya bisa melakukannya dengan mudah. Tetapi jika anda meminta saya untuk menggambar, melukis, atau bahkan membuat makanan yang enak tanpa resep untuk diikuti, saya akan merasa kurang terampil. Tetapi, jika Anda mengatakan kepada saya bahwa saya harus melukis gambar yang bagus karena hidup saya bergantung padanya, saya kemungkinan besar melakukan hal. Mengapa? Karena saya akan mengambil risiko untuk menyelesaikan pekerjaan.

Alasannya, bahwa kita berhenti menjadi kreatif atau berhenti mengambil risiko secara kreatif, adalah karena di sepanjang jalan, seseorang mengatakan kepada kita bahwa kita tidak baik atau bahwa kita tidak bisa melakukannya. Dalam membuka energi chakra kedua, Anda harus mengambil risiko dan tidak takut gagal.

Bermain adalah cara yang bagus untuk memulai pembukaan ini. Pernahkah Anda menyaksikan seorang anak bermain? Seorang anak akan menghabiskan beberapa jam membangun menara Lego, istana pasir, atau rumah boneka yang indah. Kemudian, anak yang sama akan menghancurkan karya besar mereka dalam sekejap dan memulai dari awal seolah itu bukan masalah besar.

Jika tanaman pot Anda mati dalam seminggu, tanam lagi. Dan ya, jika proyek kerja Anda gagal, itu tidak berarti karier Anda berakhir. Seperti anak kecil yang bermain, mulai lagi. Anda memiliki energi kreatif dalam jumlah tak terbatas di dalam diri Anda, jadi gunakanlah.


Cara Menyeimbangkan Svadhisthana


Selain terbuka untuk kreativitas dalam kehidupan sehari-hari, anda dapat menyeimbangkan chakra kedua dengan mempertahankan kehidupan seksual yang sehat dan menghormati dan menghormati tubuh anda.

Pernafasan lubang hidung kiri disebut pernapasan Ida Nadi akan membantu untuk membuka chakra kedua karena memunculkan energi bulan. Cukup tutup lubang hidung kanan Anda dengan dua jari pertama tangan kanan Anda dan tarik napas dan buang napas melalui lubang hidung kiri, hanya untuk 8 sampai 10 napas.

Meditasi dengan fokus pada chakra kedua menghasilkan magnet pribadi, penyempurnaan dalam perilaku, kebebasan dari penyakit, dan umur panjang. 


Asanas, Suara, Warna, dan Permata


Cara lain untuk membuka chakra yang diblokir termasuk menggunakan yoga, mantra, warna, dan permata.

Asana yoga yang membantu untuk membuka dan menyelaraskan Svadhisthana adalah ...

  • Seated pelvic circles : Duduk dalam posisi bersila atau setengah teratai dengan tangan di atas lutut, buat lingkaran dengan tubuh Anda. Berkelilinglah dalam satu arah 5 atau 6 kali dan kemudian pindah arah.
  • Baddha konasana (butterfly pose) with forward fold : Dalam posisi duduk, satukan kedua telapak kaki Anda. Biarkan lutut Anda jatuh ke samping dan dekatkan tumit Anda dengan panggul. Perpanjang batang tubuh dan lipat ke depan. 
  • Bhujangasana (cobra pose) : Berbaringlah telungkup dengan kaki rata di lantai. Letakkan tangan Anda di bawah bahu dan perlahan-lahan angkat kepala, dada, dan perut Anda sambil menjaga angkatan laut Anda di lantai. Pastikan untuk menekan tulang kemaluan ke arah matras.
Suara mantra yang sesuai dengan chakra sakral adalah suara VAM. Dengan melantunkan VAM, getaran akan membuka dan meluruskan chakra ini. Warna untuk chakra kedua adalah oranye dan batu permata untuk chakra ini adalah kuning, oranye kalsit, akik, atau hematit.