Cakra Akar : Muladhara


Cakra Akar: Muladhara

Cakra akar bertanggung jawab atas rasa aman dan aman Anda. Pelajari lebih lanjut tentang chakra pentanahan ini, dan cari tahu bagaimana menjaganya agar tetap seimbang.

Baca Lebih Lanjut Tentang Chakra Lainnya
7 titik cakra manusia
Chakra Seks ( Svadhisthana )
Chakra Pusar ( Manipura )
Chakra Jantung ( Anahata )
Chakra Tenggorokan ( Vishuddha )
Chakra Mata Ketiga ( Ajna )
Chakra Mahkota ( Sahaswara )

Terletak di dasar tulang belakang, dasar panggul, dan tiga ruas pertama, chakra akar bertanggung jawab atas rasa aman dan aman dalam perjalanan duniawi ini. Kata Muladhara dipecah menjadi dua kata Sanskerta: Mula yang berarti "root" dan Adhara, yang berarti "mendukung" atau "basis."

Ini adalah chakra materi pertama. Menyeimbangkan chakra akar menciptakan fondasi yang kuat untuk membuka chakra di atas. Bayangkan Anda meletakkan fondasi untuk sebuah rumah tempat Anda akan tinggal untuk waktu yang lama. Fondasi yang kuat yang tertanam di tanah yang kokoh akan memberikan stabilitas yang Anda butuhkan untuk menciptakan rumah yang penuh sukacita selama bertahun-tahun yang akan datang.

Chakra root terdiri dari stabilitas dalam kebutuhan kehidupan. Ini termasuk kebutuhan dasar seperti makanan, air, tempat tinggal, dan keamanan, serta kebutuhan Anda yang lebih emosional seperti melepaskan rasa takut. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, anda merasa membumi dan aman, dan cenderung lebih sedikit khawatir dari hari ke hari.

Ketidakseimbangan dalam Chakra Akar


Jika ada ketidakseimbangan dalam chakra akar akan menyebabkan gangguan kecemasan, ketakutan, atau mimpi buruk. Ketidakseimbangan dapat berefek ke fisik seperti masalah di usus besar, dengan kandung kemih, dengan masalah punggung bagian bawah, kaki, atau kaki. Pada pria, masalah prostat dapat terjadi. Gangguan makan juga bisa menjadi tanda ketidakseimbangan cakra akar.

Cara Menyeimbangkan Muladhara

Sementara meditasi memang menghubungkan Anda dengan alam spiritual yang lebih tinggi, meditasi juga berfungsi untuk membumikan Anda. Anda mungkin tidak selalu bisa percaya bahwa dunia akan memberi apa yang dibutuhkan untuk bertahan hidup, tetapi koneksi diri sendiri ke yang lebih tinggi dan percaya pada kekuatan yang lebih tinggi, adalah apa yang butuhkan untuk merasa aman.

Tidak masalah jika Anda menyebutnya Kesadaran, Alam, Tuhan, atau Roh yang lebih tinggi. Koneksi ke energi universal akan memberi rasa kedamaian dan stabilitas. Hewan-hewan di hutan tidak tahu apakah dan kapan mereka akan menemukan makanan setiap hari, namun entah bagaimana mereka percaya pada alam untuk menyediakan bagi mereka.

Tips : Organ indera yang sesuai dengan chakra pertama adalah penciuman. Saat bermeditasi, fokuslah pada ujung hidung Anda untuk membantu menyelaraskan akar dan menghasilkan kualitas yang Anda butuhkan untuk menyeimbangkan chakra akar Anda.

Asanas, Suara, Warna, dan Permata


Cara lain untuk membuka chakra yang diblokir termasuk menggunakan yoga, mantra, warna, dan permata.

Yoga Asanas yang membantu untuk membuka dan menyelaraskan Muladhara adalah ...

  • Pavanamuktasana, pose lutut ke dada
  • Janu Sirsansana, pose kepala ke lutut
  • Padmasana, fleksi teratai
  • Malasana, pose jongkok

Wanita juga dapat melakukan latihan Kegel, dan baik pria maupun wanita dapat melakukan Bandha yoga — di mana Anda mengunci atau mengencangkan area tertentu di tubuh Anda — untuk membantu membawa energi dan kekuatan yang kuat ke area chakra pertama.

Suara nyanyian atau mengencangkan juga dapat membantu Anda kembali seimbang seperti musik menyatukan orang. Suara menciptakan getaran dalam tubuh, dan getaran ini membantu sel bekerja bersama dalam harmoni yang sinkron. Suara mantra yang sesuai dengan chakra akar adalah LAM.

Akhirnya, warna dan permata dapat membantu menyeimbangkan chakra. Warna chakra root adalah merah. Batu permata untuk chakra pertama termasuk garnet, jasper merah, turmalin hitam, dan batu darah. Anda dapat menempatkan batu permata di area chakra sambil berbaring untuk membantu membuka dan menyelaraskannya.

cakra mudra

cakra mudra