Chakra Pusar : Manipura

Chakra Ketiga Anda: Temukan Kekuatan & dan Energi Pejuang di Chakra Solar Plexus & Manipura Anda.

Chakra ketiga, juga disebut chakra Manipura, adalah sumber kekuatan pribadi dan mengatur harga diri, energi pejuang, dan kekuatan transformasi. Pastikan chakra Manipura Anda terbuka dan selaras untuk memanfaatkan kekuatan pribadi.

Cakra ketiga disebut Manipura, yang berarti "permata berkilau." Manipura adalah nama asli Sansekerta untuk chakra Solar Plexus. Terletak di sekitar pusar di daerah ulu hati dan sampai ke tulang dada, itu adalah sumber kekuatan pribadi dan mengatur harga diri, energi pejuang, dan kekuatan transformasi. Chakra Manipura juga mengontrol metabolisme dan pencernaan.

Ketika Anda merasa percaya diri, memiliki tujuan yang kuat, dan memiliki motivasi diri, chakra ketiga Anda terbuka dan sehat. Jika Anda mengalami ketidakseimbangan chakra, Anda dapat menderita karena harga diri rendah, kesulitan membuat keputusan, dan mungkin memiliki masalah kemarahan atau kendali. Ini berarti chakra surya Anda terhalang dan karenanya tidak dapat mencapai potensi penuhnya.

Manipura & Solar Plexus Chakra: Elemen Kunci


Untuk memahami chakra, ada beberapa detail utama yang harus kita pahami terlebih dahulu. Ini termasuk:

Elemen : Api adalah elemen utama dari solar plexus, atau chakra Manipura. Unsur ini dimaksudkan untuk menyalakan api batin Anda dan memperkuat api pencernaan Anda.

Warna : Warna cakra Manipura berwarna kuning cerah, seperti matahari.
Lokasi : Pleksus surya terletak di sekitar area pusar tubuh di dekat perut bagian atas dan tulang dada. Karena lokasinya, ia juga terhubung dengan sistem pencernaan. Pleksus matahari adalah chakra ketiga dari tujuh chakra utama dalam tubuh. Area pusar ini harus terbuka untuk merasakan kepercayaan diri dan tujuan yang ingin Anda capai.


Baca Lebih Lanjut Tentang Chakra Lainnya
7 titik cakra manusia
Chakra Dasar ( Muladhara )
Chakra Seks ( Svadhisthana )
Chakra Jantung ( Anahata )
Chakra Tenggorokan ( Vishuddha )
Chakra Mata Ketiga ( Ajna )
Chakra Mahkota ( Sahaswara )

Perkuat Api Batin Anda

Ketika memiliki tujuan, keinginan, dan niat yang jelas, Anda dapat bergerak maju untuk mencapainya. Setiap langkah kecil yang diambil sambil mempunyai niat yang lebih besar membantu memperkuat chakra ketiga ini. Api di dalam, yang disebut Tejas dalam bahasa Sansekerta, adalah api yang sama dalam Ayurvedic dosha Pitta. Seseorang dengan Pitta yang kuat memiliki dorongan batin untuk mendorong mereka maju ke arah tujuan mereka.

Apa pun jenis dosha dominan yang anda miliki, anda dapat memanfaatkan kekuatan Manipura untuk menegaskan kehendak dengan cara yang sehat dan mencapai tujuan apa pun yang ingin Anda capai. Jika Anda menemukan terjebak dengan keputusan atau berada di persimpangan jalan dan tidak yakin ke arah mana harus pergi, lihatlah firasat di solar plexus untuk mendapatkan panduan. Untuk melihat firasat, Anda dapat berlatih meditasi dengan lakukan hal berikut:
  1. Tutup mata Anda, letakkan tangan Anda di atas area yang sedikit di atas pusar Anda.
  2. Bawa masalah atau dilema.
  3. Perhatikan bagaimana chakra ketiga Anda rasakan ketika Anda memberikannya pilihan mengenai subjek yang sedang Anda perjuangkan. Perasaan tenggelam atau mual mungkin memberi tahu Anda bahwa keputusan itu salah.
  4. Jika Anda memberikan solar plexus Anda dengan pilihan yang tepat, Anda mungkin merasa ringan di area tersebut atau Anda bahkan merasa bisa bernafas lebih mudah.


Perkuat Api Pencernaan Anda

Api pencernaan, yang disebut Agni, juga ada di chakra ketiga. Untuk membantu chakra Manipura tetap terbuka dan selaras, jaga agar api pencernaan Anda tetap sehat. Ikuti panduan ini untuk Agni yang lebih kuat:

  • Minumlah minuman pada suhu kamar atau sedikit dihangatkan; hindari menambahkan es.
  • Makanlah sekitar dua genggam makanan di setiap makan untuk menghindari makan berlebihan.
  • Jauhi makanan pedas jika Anda tipe Pitta.
  • Minumlah sedikit air ketika makan, dan hindari soda, alkohol, dan jus buah. Minum banyak saat makan cenderung meengurangi kinerja asam pencernaan, sedangkan minum alkohol cenderung menambahkan asam pencernaan.
  • Biarkan perut anda beristirahat di antara waktu makan. Sering merumput tidak memberikanwaktu bagi tubuh untuk mengisi kembali agni pada saat perut anda beristirahat.

Meningkatkan Pencernaan dan Meningkatkan Metabolisme Dengan Nafas Bhastrika

Karena chakra ketiga mengatur pencernaan dan metabolisme, Anda dapat dengan mudah membangunkan keduanya dengan latihan pernapasan. Pastikan perut Anda tidak penuh sebelum memulai pola pernapasan ini.
  1. Duduk dengan nyaman dengan tulang belakang tinggi dan bahu santai.
  2. Mulailah dengan mengambil beberapa napas dalam-dalam dan keluar hidung dengan bibir tertutup.
  3. Kemudian, tarik napas melalui hidung secara paksa sambil menggembungkan perut bagian bawah dan paksa buang napas melalui hidung sambil menekan perut bagian bawah ke arah tulang belakang.
  4. Gunakan hitungan satu setengah pada inhalasi dan satu setengah jumlah pada pernafasan dengan cepat. Anda akan merasa seperti mendapatkan latihan perut.
  5. Cobalah 10 pengulangan dan kemudian kerjakan hingga 15 atau 20. Setelah Anda selesai, Anda akan merasakan perasaan geli atau bercahaya di sekitar pusar

Menemukan Keseimbangan & Menyembuhkan Chakra Solar Plexus Dengan Asana, Suara, Warna, dan Permata

Pose yoga apa pun yang membawa panas ke area ulu hati baik untuk merangsang chakra ketiga yang lamban. Pose-pose ini termasuk Navasana (pose perahu), Matsyandrasana (twist duduk tulang belakang), dan warrior.

Suara mantra untuk chakra ketiga adalah RAM. Nyanyian ini akan membantu untuk membuka dan meluruskan chakra.

Ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan energi solar plexus. Karena warna chakra ini adalah kuning atau emas, permata apa pun yang sesuai dengan warna-warna ini akan membantu membuka area ulu hati dan membawa energi ke limpa, hati, pankreas, dan perut. Topaz kuning, labradorit kuning keemasan, dan batu mata harimau adalah permata yang luar biasa untuk meningkatkan kekuatan pribadi Anda dan dapat membantu penyembuhan chakra jika Anda merasa rendah diri.