7 titik cakra manusia

7 titik cakra manusia
Ada tujuh chakra utama, mulai dari pangkal tulang belakang hingga mahkota kepala. Roda energi tak kasat mata ini membuat kita tetap hidup dan sehat.
  1. Chakra Dasar ( Muladhara )
  2. Chakra Seks ( Svadhisthana )
  3. Chakra Pusar ( Manipura )
  4. Chakra Jantung ( Anahata )
  5. Chakra Tenggorokan ( Vishuddha )
  6. Chakra Mata Ketiga ( Ajna )
  7. Chakra Mahkota ( Sahaswara )

Kata Sanskerta Chakra secara harfiah diterjemahkan ke roda. Dalam yoga, meditasi, dan Ayurveda, istilah ini mengacu pada roda energi di seluruh tubuh. Ada tujuh chakra utama, yang berbaris lurus di tulang belakang, mulai dari pangkal tulang belakang hingga ke mahkota kepala. Untuk memvisualisasikan chakra di dalam tubuh, bayangkan putaran energi di mana materi dan kesadaran anda bertemu. Energi penyembuhan yang anda bayangkan dan tak terlihat ini, yang disebut Prana. Prana adalah kekuatan hidup yang vital, yang membuat kita tetap hidup dan sehat.

Pentingnya Chakra Utama dalam Tubuh

Roda energi yang berputar-putar ( Prana ) ini berhubungan dengan pusat saraf masif di tubuh. Masing-masing dari tujuh chakra utama berisi kumpulan saraf dan organ utama beserta keadaan psikologis, emosional, dan spiritual kita. Karena semuanya bergerak, penting agar tujuh chakra utama kami tetap terbuka, selaras, dan lancar. Jika ada penyumbatan, maka aliran energi dalam tubuh anda akan dibatasi. Pikirkan sesuatu yang sederhana seperti bath tube anda. Jika membiarkan terlalu banyak rambut mengalir, maka bak mandi akan tersumbat/mandek dan akhirnya bakteri dan jamur akan tumbuh. Begitu juga dengan tubuh dan chakra kita.

Menjaga chakra tetap terbuka sedikit lebih sulit, tetapi tidak begitu sulit ketika memiliki kesadaran. Karena pikiran, tubuh, jiwa, dan roh saling terkait erat, kesadaran akan ketidakseimbangan di satu area dengan bantuan meditasi chakra akan membantu mengembalikan keseimbangan tersebut.


Chakra Materi


Tiga chakra pertama, mulai dari pangkal tulang belakang adalah chakra materi. Mereka lebih bersifat fisik.
  1. Chakra Pertama : Chakra Muladhara

adalah chakra stabilitas, keamanan, dan kebutuhan dasar kita. Ini mencakup tiga vertebra pertama, kandung kemih, dan usus besar. Ketika chakra ini terbuka, kita merasa aman dan tidak takut.
  1. Chakra Kedua : Chakra Svadhisthana

adalah pusat kreativitas dan seksual kami. Itu terletak di atas tulang kemaluan, di bawah pusar, dan bertanggung jawab atas ekspresi kreatif kita.
  1. Chakra Ketiga : Chakra Manipura

berarti permata berkilau dan merupakan area dari pusar ke tulang dada. Cakra ketiga adalah sumber kekuatan pribadi kita.

Chakra Keempat ( Chakra Anahata ) : Hubungan Antara Materi dan Spiritual


Terletak di pusat jantung, chakra keempat, anahata berada di tengah-tengah ketujuh dan menyatukan chakra materi yang lebih rendah dan chakra roh yang lebih tinggi. Yang keempat juga spiritual tetapi berfungsi sebagai jembatan antara tubuh, pikiran, emosi, dan roh kita. Cakra jantung adalah sumber cinta dan koneksi kami.

Ketika kita bekerja melalui chakra fisik kita, atau tiga chakra pertama, kita dapat membuka chakra spiritual lebih penuh.

Cakra Spiritual

  1. Chakra Kelima : Chakra Vishuddha

adalah chakra kelima, yang terletak di area tenggorokan. Ini adalah sumber kami ekspresi verbal dan kemampuan untuk berbicara kebenaran tertinggi kami. Cakra kelima meliputi leher, tiroid, dan kelenjar paratiroid, rahang, mulut, dan lidah.
  1. Chakra Keenam : Chakra Ajna

terletak di antara alis. Ini juga disebut sebagai chakra "mata ketiga". Ajna adalah pusat intuisi kami. Kita semua memiliki intuisi tetapi kita mungkin tidak mendengarkannya atau mengindahkan peringatannya. Fokus membuka cakra keenam akan membantu Anda mengasah kemampuan ini.
  1. Chakra Ketujuh : Chakra Sahaswara atau chakra "lotus kelopak"

terletak di puncak kepala. Ini adalah chakra pencerahan dan hubungan spiritual dengan diri kita yang lebih tinggi, orang lain, dan akhirnya, dengan yang ilahi. Itu terletak di puncak kepala.


Petunjuk untuk Menyelaraskan Chakra

KESADARAN ( Awareness ) terhadap chakra mana yang tidak seimbang adalah kunci untuk menyelaraskan ketujuh titik tersebut. Tubuh kita terus berubah antara keseimbangan dan ketidakseimbangan. Kecuali jika Anda mengalami masalah nyata di suatu area tubuh, maka ketidakseimbangan bisa sulit dideteksi. Karena itu, akan lebih baik untuk membawa kesadaran murni ke tubuh / pikiran dan mulai memahami isyarat dan petunjuknya sehingga anda dapat menyelaraskan chakra.

Sebagai contoh, sembelit yang sering dapat mengindikasikan penyumbatan pada chakra pertama. Sakit tenggorokan yang berulang menyebabkan petunjuk pada chakra kelima yang tersumbat. Sakit kepala yang sering terjadi di sekitar area dahi mungkin berarti chakra keenam Anda tersumbat.

Dalam artikel-artikel berikut pada chakra, kita akan mengeksplorasi masing-masing dari tujuh chakra utama secara mendalam serta tips tentang bagaimana menyelaraskannya.