Cakra mahkota Sahaswara

Ciptakan momen-momen kesadaran murni ketika Anda bermeditasi pada chakra ketujuh. Semakin banyak waktu yang Anda dedikasikan untuk praktik ini, semakin sering Anda akan merasakan cinta tanpa syarat, kebaikan, dan belas kasihan untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.

Baca Lebih Lanjut Tentang Chakra Lainnya
7 titik chakra manusia
Chakra Dasar ( Muladhara )
Chakra Seks ( Svadhisthana )
Chakra Pusar ( Manipura )
Chakra Jantung ( Anahata )
Chakra Tenggorokan ( Vishuddha )
Chakra Mata Ketiga ( Ajna )

Chakra ketujuh, Sahaswara, disebut sebagai chakra lotus seribu kelopak. Ini adalah chakra ketujuh dan terletak di puncak kepala. Sahaswara adalah sumber pencerahan dan hubungan spiritual kita dengan Yang Maha Kuasa. Itu adalah hubungan dengan diri kita yang lebih tinggi, dengan setiap makhluk di planet ini, dan pada akhirnya energi ilahi yang menciptakan segala sesuatu di alam semesta.

Pembukaan sejati Sahaswara berarti kesadaran bahwa Anda adalah kesadaran murni. Pencerminan diri anda sebagai kesadaran murni, tidak terbagi, dan semua ekspansif. Seperti setetes air di lautan, Anda adalah bagian dari lautan yang berisi dan mencakup setiap aspeknya.

Muncul Dari Perairan Keruh

Bunga lotus adalah simbol dalam tradisi Hindu dan Budha. Itu dipelihara, tumbuh, dan muncul di air berlumpur. Itu mekar di mana tidak ada kejelasan. Keindahan lotus unik pada lingkungannya, yang tampak monoton dan kurang keindahan.

Ketika anda mencapai bentangan chakra ketujuh, anda akan melampaui batas-batas tubuh fisik, ego, pikiran, dan kecerdasan. Anda bahkan mendorong melampaui jiwa individu anda yang terikat pada Samsara, siklus kelahiran dan kelahiran kembali tanpa akhir. Anda terbebas dari belenggu keinginan. Cahaya putih mengelilingi tubuh Anda dan Anda tampak menonjol di lingkungan Anda yang keruh.


Apakah Ini Kecantikan yang Tidak Terjangkau?

Setelah membaca deskripsi chakra ketujuh, itu mungkin tampak di luar jangkauan daya nalar anda. Anda mungkin berpikir, “Ya, itu terdengar bagus untuk para biksu dan guru, tetapi tidak untuk saya. Saya hanya orang biasa dengan kehidupan normal. "

Kita memiliki tuntutan hidup sehari-hari dan pikiran sibuk yang menyertai tuntutan ini, mencapai pencerahan mungkin tidak sejauh yang terlihat. Tujuan yang layak mungkin untuk hidup dalam keadaan kesadaran murni yang konstan. Tetapi bagaimana dengan hidup dengan saat-saat kesadaran murni? Kita semua pernah mengalami momen-momen ini pada satu waktu atau yang lain. Pernahkah Anda merasakan cinta tanpa syarat untuk seseorang? Pernahkah Anda mengalami keajaiban?

Berlatih meditasi, doa, dan keheningan setiap hari adalah disiplin yang mengarah pada peningkatan momen hubungan spiritual. Bahkan, ini adalah satu-satunya cara dimana Anda akan mengalami esensi Sahaswara. Sama seperti Anda akan pergi ke sekolah selama berjam-jam sehari dan belajar untuk ujian untuk mendapatkan gelar,  untuk meditasi, doa, dan keheningan adalah studi Anda untuk mendapatkan gelar spiritual.

Setelah melakukan praktik harian dari kegiatan ini yang menghubungkan dengan kesadaran universal, anda akan melihat perluasan kesadaran spiritual di dunia luar. Anda akan mulai mengalami cinta tanpa syarat secara konsisten. Anda akan lebih berbelas kasih, baik hati, dan pemaaf, dan Anda akan menunjukkan lebih banyak kerendahan hati. Hidup tidak akan lagi semata-mata tentang Anda dan keinginan Anda. Hidup Anda akan menjadi lebih tentang melayani orang lain karena ketika Anda melayani orang lain, Anda melayani diri sendiri.

Asanas, Suara, Warna, dan Permata

Sementara keheningan adalah cara paling kuat dan penting untuk membuka chakra ketujuh, ada beberapa praktik lain yang mendukung chakra ini.

Dua teknik pernapasan Pranayama yang dapat Anda lakukan sebelum meditasi termasukh Nadi Sodhana, atau pernapasan lubang hidung alternatif, dan Kapalabhati, atau napas tengkorak yang bersinar.

Asana yoga terbalik seperti headstand (Salamba Sirsasana) dan down dog (Adho Mukha Svanasana) dapat membantu merangsang chakra ketujuh, serta postur apa pun yang membawa mahkota kepala ke lantai seperti pose ikan (Matsyasana).


Warna untuk cakra mahkota adalah ungu atau putih dan suara mantra adalah suara universal OM. Permata yang bisa Anda pakai atau miliki di lingkungan Anda untuk membantu membuka dan meluruskan chakra ketujuh adalah batu kecubung, selenite, dan sugilite.