Cakra tenggorokan vishudda

Cakra tenggorokan vishudda

Ucapkan Kebenaran Batin Anda Dengan Chakra Kelima

Belajarlah untuk mendengarkan dan mengekspresikan diri dari bentuk komunikasi yang lebih tinggi melalui chakra tenggorokan. Saat terbuka, lebih mudah jujur ​​kepada diri sendiri dan orang lain.

Baca Lebih Lanjut Tentang Chakra Lainnya
7 titik chakra manusia
Chakra Dasar ( Muladhara )
Chakra Seks ( Svadhisthana )
Chakra Pusar ( Manipura )
Chakra Jantung ( Anahata )
Chakra Mata Ketiga ( Ajna )
Chakra Mahkota ( Sahaswara )

Cakra kelima, Vishuddha, adalah yang pertama dari tiga chakra spiritual. Di daerah tenggorokan, ia mengatur daerah anatomi tiroid, paratiroid, rahang, leher, mulut, lidah, dan laring. Terbuka dan selaras dalam chakra kelima adalah berbicara, mendengarkan, dan mengekspresikan diri Anda dari bentuk komunikasi yang lebih tinggi. Iman dan pemahaman menggabungkan esensi makna chakra Vishuddha. Elemen yang berhubungan dengan chakra kelima adalah eter atau ruang, dan indra pendengaran.

Tentukan Kebenaran Tertinggi Anda

Ekspresi otentik bukanlah sesuatu yang mudah didapat. Ada tarian yang rumit antara mengatakan apa yang Anda maksud dan tetap bijaksana atau diplomatis. Seringkali lebih mudah untuk mengatakan apa yang orang lain mungkin ingin dengar daripada mengatakan kebenaran. Ketakutan untuk tidak diterima, atau penilaian dari orang lain dapat menghambat ekspresi verbal Anda yang jujur.

Bekerja pada chakra yang lebih rendah akan membantu mempersiapkan Anda untuk tingkat komunikasi ini. Misalnya, saat Anda menyelaraskan chakra pertama dan kedua, ini membantu mengatasi rasa takut. Membuka chakra ketiga membantu Anda merasakan kekuatan pribadi dan memiliki kepercayaan diri untuk mengekspresikan diri. Mengetahui apa yang ada di hati Anda datang ketika Anda menyelaraskan chakra keempat. Lalu, ketika bicara tentang kebutuhan, keinginan, dan pendapat Anda, Anda akan lebih bisa menentukan bagaimana menjadi jujur ​​kepada diri sendiri dan orang lain.

Ekspresikan Kebenaran Anda

Jika Anda terbiasa bersikap akomodatif, daripada mengatakan apa yang diinginkan, Anda mungkin harus berlatih keras untuk diri sendiri. Afirmasi berguna dalam mewujudkan apa yang diinginkan menjadi kenyataan. Tuliskan apa yang ingin Anda ungkapkan kepada orang lain. Misalkan Anda ingin bertanya kepada bos Anda jika Anda bisa bekerja dari rumah dua hari per minggu tetapi Anda tidak berani bertanya. Tuliskan kalimat yang akan Anda ucapkan ketika bersamanya. Berlatihlah di depan cermin Anda.

Mungkin Anda akan menyukainya jika ibu mertua menelepon dulu sebelum datang tetapi Anda takut akan konfrontasi. Tuliskan permintaan itu, praktikkan, dan mungkin sertakan beberapa tanggapan jika dia menolak permintaan Anda.

Bicara dan Dengarkan dengan Welas Asih

David Simon sering merujuk pada kebijaksanaan kuno berikut. Dia mengatakan bahwa ada tiga gateway yang harus Anda lewati sebelum berbicara.

  1. Pertama, tanyakan pada diri sendiri, "Apakah yang akan saya katakan benar?"
  2. Jika demikian, lanjutkan ke gateway kedua dan tanyakan, "Apakah yang akan saya katakan perlu?"
  3. Jika jawabannya ya, pergilah ke gerbang ketiga dan tanyakan pada diri Anda, "Apakah saya akan berkata baik?"

Berbicara kebenaran tertinggi bukan berarti anda diizinkan untuk menyakiti atau kritis. Kebenaran dari esensi spiritual akan terlihat baik dan penuh kasih sayang.

Mendengarkan adalah aspek lain dari chakra kelima. Bentuk mendengarkan tertinggi termasuk memberi perhatian penuh pada orang lain. Ini berarti membuang perangkat elektronik atau mematikannya dan menunggu untuk mendengar orang lain sepenuhnya sebelum merespons.

Buka dan Sejajarkan Chakra Vishuddha

Nyanyian, nyanyian, senandung, dan bacakan dengan lantang adalah cara yang bagus untuk membuka cakra kelima. Faktanya, suara mantra untuk chakra ini adalah HUM. Dua latihan Pranayama yang membawa panas dan merangsang chakra tenggorokan adalah nafas Ujjayi dan nafas singa.

Dalam latihan yoga Anda, Anda dapat melakukan pose unta (Ustrasana), pose jembatan (Setu Bandha Sarvangasana), dudukan bahu (Salamba Sarvangasana), dan membajak (Halasana). Pose-pose ini akan merangsang kelenjar tiroid dan paratiroid serta membawa energi ke area tenggorokan.

Warna yang sesuai dengan chakra kelima adalah biru, dan permata untuk menyeimbangkan chakra ini adalah safir, topas biru, lapis lazuli, aquamarine, dan pirus.