Cakra jantung : Anahata

Cakra jantung : Anahata

Buka Diri untuk Mencintai Dengan Cakra Keempat

Bebaskan kemarahan, kecemburuan, dan ketakutan — dan berikan jalan bagi cinta dan kasih sayang ketika Anda membuka cakra hati Anda.

Baca Lebih Lanjut Tentang Chakra Lainnya
7 titik cakra manusia
Chakra dasar ( Muladhara )
Chakra Seks ( Svadhisthana )
Chakra Pusar ( Manipura )
Chakra Tenggorokan ( Vishuddha )
Chakra Mata Ketiga ( Ajna )
Chakra Mahkota ( Sahaswara )

Cakra keempat berada di tengah tujuh chakra dengan tiga di bawah dan tiga di atas. Ini adalah area di mana fisik dan spiritual bertemu. Cakra keempat, juga disebut sebagai cakra jantung, terletak di tengah dada dan mencakup jantung, pleksus jantung, kelenjar timus, paru-paru, dan payudara. Ini juga mengatur sistem limfatik. Kata Sanskerta untuk chakra keempat adalah Anahata, yang berarti "tidak tersentuh" ​​atau "tidak terluka." Nama itu menyiratkan bahwa di balik kesakitan dan keluhan dari pengalaman masa lalu terletak tempat yang murni dan spiritual di mana tidak ada luka.

Ketika cakra hati terbuka, Anda mengalir dengan cinta dan kasih sayang, Anda cepat memaafkan, dan Anda menerima orang lain dan diri Anda sendiri. Chakra hati yang tertutup bisa memberi jalan kepada kesedihan, kemarahan, kecemburuan, takut pengkhianatan, dan kebencian terhadap diri sendiri dan orang lain.

Pilih Essence of Anahata

Beberapa orang memilih untuk berduka dan bersembunyi. Mereka pernah terluka di masa lalu oleh orang tua, saudara kandung, teman sekelas, atau cinta. Mungkin anda juga pernah mengalami hal yang sama. hal ini tidak mungkin untuk dihindari situasi di mana seseorang mungkin mencoba untuk menyakiti Anda. Tetapi Anda harus memilih apa yang harus dilakukan dengan luka itu. Beberapa orang mungkin mencoba untuk menyakiti orang itu kembali. Namun, itu tidak hidup dari tempat Anahata. Orang yang menimbulkan rasa sakit pada orang lain datang dari tempat ketakutan, ketidaktahuan atau kebencian, yang semuanya menyebabkan chakra jantung tertutup.

Ketika Anda menemukan perasaan terluka dari masa lalu atau masa sekarang, Anda dapat memilih untuk merasakannya sepenuhnya dan membiarkannya pergi atau berpegangan padanya. Dengan membiarkan mereka pergi, Anda dapat membuka hati Anda kepada orang-orang baru dan pengalaman baru dengan belas kasih, cinta, dan pengertian. Memegang hati yang terluka memendam perasaan negatif dan menjauhkan dari kesempatan untuk mencintai dan melayani. Melepaskan itu semudah membuat pilihan. Pikiran dan ego Anda mungkin mengatakan sebaliknya, tetapi sesederhana memilih melepaskan dan terus maju.

Empati dan Kasih Sayang Menciptakan Keterbukaan

Berjalan dengan sepatu orang lain tidak mudah dilakukan, tetapi dapat membantu dalam menumbuhkan rasa empati. Untuk membantu menciptakan empati dan kasih sayang, saya suka memainkan permainan yang disebut, "skenario bagaimana jika." Ketika bertemu dengan seseorang yang tidak menyenangkan atau yang telah memperlakukan saya dengan buruk di masa lalu, saya dengan cepat membawa pikiran saya melalui serangkaian apa seandainya. Misalnya, tanyakan pada diri sendiri, "Bagaimana jika orang itu hanya mengalami hari yang buruk?" Atau "Bagaimana jika orang itu baru saja kehilangan pekerjaannya?" "Bagaimana jika dia mengetahui bahwa suaminya berselingkuh?" baru saja didiagnosis menderita penyakit? ”Ketika Anda membuat kisah-kisah ini, yang kemungkinannya tidak terbatas, Anda mulai berempati dengan orang lain dan situasinya. Metode ini membawa Anda menjauh dari diri sendiri dan mengasihani diri sendiri serta menaruh belas kasihan pada orang lain.

Sekarang, anggaplah ada anggota keluarga atau teman dekat yang baru saja mengulangi pola menyakiti secara terus-menerus. Anda masih dapat menawarkan cinta dan kasih sayang baik dari kejauhan atau dengan menetapkan batas-batas. Bagaimanapun, ketahuilah bahwa ketika seseorang memilih untuk melukaimu, itu bukan mengenaimu. Ini tentang mereka.

Berikan Cinta untuk Menerima Cinta

Cara terbaik untuk menerima cinta adalah dengan memberikannya. Penulis dan pembicara motivasi, Leo Buscaglia, biasa mengajarkan bahwa kita harus memberi dan menerima 12 pelukan sehari untuk kesehatan yang optimal. Jadi berikan pelukan dan ciuman. Cara lain untuk memberikan cinta:


  • Tersenyumlah pada setiap orang yang Anda lihat setiap hari, bahkan jika Anda tidak ingin tersenyum. Itu menular.
  • Maafkan dan lanjutkan. Hidup ini terlalu singkat untuk menyimpan dendam.
  • Beri teman, keluarga, dan rekan kerja afirmasi dan umpan balik positif.
  • Cobalah untuk menjalani satu hari dalam seminggu tanpa mengkritik siapa pun atau apa pun, termasuk diri Anda sendiri.

Ambil setiap kesempatan yang Anda bisa untuk menumbuhkan cinta dan perasaan cinta. Cinta adalah mata uang dan apa pun yang Anda berikan akan kembali kepada Anda.

Asanas, Suara, Warna, dan Permata untuk Menyeimbangkan Cakra Keempat

Pose yoga apa pun yang membuka area dada akan membantu menyeimbangkan cakra jantung. Beberapa pose termasuk unta, pose busur berdiri, dan pose wajah sapi.

Suara mantra yang sesuai dengan chakra keempat adalah suara YUM. Mantra khusus untuk membantu mengembangkan cinta dan kasih sayang adalah OM MANI PADME HUM. Anda dapat mengulangi mantra ini dalam meditasi untuk mendapatkan akses yang lebih besar ke kualitas-kualitas ini.

Warnanya hijau zamrud dan batu permata yang terkait dengan jantung adalah zamrud, perunggu, batu giok, dan mawar kuarsa.