Menjaga kehamilan muda

Menjaga kehamilan muda
Sepanjang kehamilan, anda dan bayi Anda akan lebih bahagia, lebih sehat sehat dan jika anda melakukan beberapa hal dibawah ini :
  • Menjaga tingkat gula darah anda dengan makan makanan sehat dan banyak protein. Mengkonsumsinya makanan dengan sedikit demi sedikit ( contoh : 5 x 8 sendok makan ),  namun secara sering sepanjang hari. Ini gara semua nutrisi makanan dapat terserap dengan baik tanpa meningkatkan kadar gula darah ini.
  • Jauhkan diri anda dari hidrasi, konsumsi air putih secara banyak. Jika anda mengalami mual dan tidak bisa menyimpan air ( muntah ) , tambahkan sesendok gula dan sedikit garam. Ini akan membantu anda Rehydrate dengan cepat dan membantu mengatasi mual Anda.

  • Beristirahatlah yang banyak. Selalu istirahat 10 menit di tengah aktifitas anda. Selain itu tidur sebentar sebelum makan siang, dan tidur sebentar sebelum makan malam. Tidur siang sebelum makan malam. Tidur siang sekitar waktu makan siang. Pergi tidur lebih awal dan bangun selambat mungkin, ini akan membantu tubuh anda dalam memetabolisme secara maksimal dalam pertumbuhan janin. 

  • Membangun rasa percaya diri dalam diri anda ! Tetap berpikir positif dan percaya diri dalam diri anda! Carilah banyak informasi positif tentang kehamilan dan proses kelahiran. Anda harus menjauhkan dari kisah-kisah kelahiran yang meyeramkan. Tubuh anda diciptakan sempurna untuk menjalani proses melahirkan.
  • Didampingi tenaga berpengalaman, tidak peduli di mana anda berencana melahirkan, adalah suatu ide yang baik jika anda didampingi tenaga yang berpengalaman. Hal ini difokuskan untuk mensupport mental anda, sehubungan dengan isu isu emosional, dan kenyamanan dalam proses melahirkan nanti. Selain tenaga berpengalaman, anda dapat meminta mertua wanita, orang tua istri atau bibi yang dapat mendampingi. Selain membantu istri juga dapat membuat suami tenang meninggalkan rumah untuk bekerja.
  • Bersikap peka terhadap perawatan anda, Bagi setiap ibu hamil pasti akan menjalani pemeriksaan di awal kehamilan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi janin di dalam tubuh anda. Pada pemeriksaan janin, sering dilakukan pengecekan seperti USG, tes darah, amino dan lain lain. Untuk hal ini anda berhak dan bertanggung jawab untuk mengajukan pertanyaan : "Apa test ini ?", "mengapa perlu dok ?", "Hasil pemeriksaannya seperti apa ?","Bagaimana kami menggunakan informasi ini ?", "Apakah ada solusi lain ?", "Apakah ada efek samping dari hasil tes ini ?", "Apakah ada konsekuensi jika tidak melakukan apa apa ?". Apa yang anda lakukan dan tanyakan adalah untuk buah hati anda sehat dan selamat.
  • Mencari pendidikan, mengambil kelas ibu  hamil dan belajar semua tentang kehamilan, sehingga anda dapat membuat pilihan cerdas tentang perawatan yang anda cari dan terima. Dari pembelajaran masalah kehamilan, bukan diajari mengenai melahirkan dengan sukses. Yang anda lakukan adalah melupakan kecerdasan anda dan biarkan tubuh anda yang melakukannya. Hal ini bukan berarti anda melupakan proses kelahiran, tapi tidak perlu secara berlebihan, jalani kontraksi dengan santai, anda tidak perlu menahan nafas dan menghitung sampai 10 sambil mendorong bayi anda. Manusia telah bernapas sejak dilahirkan dan hal ini tidak perlu diajarkan, bahkan anda bisa melakukannya dalam tidur. Demikian juga dengan melahirkan, wanita mampu melahirkan tanpa arah sadar sama sekali. Apa yang akan membantu bayi anda lahir? Kesediaan anda untuk mengalami proses, rasa sakit dan semua, dan mengikuti arah alami tubuh Anda. Tubuh Anda akan memberitahu apa yang perlu lakukan, jika anda membiarkannya. 
  • Hati-hati memilih orang yang mendampingi anda dalam persalinan. Setiap orang pasti berkomitmen untuk membantu anda dalam menjalani persalinan. Dalam hal ini, orang yang akan mendampingi anda dalam menjalani persalinan. Tidak semua orang memiliki keberanian yang sama, bahkan ada orang yang mudah panik, atau takut dengan darah, oleh sebab itu anda harus dapat mempertimbangkan masak masak siapa saja yang akan mendampingi anda dalam proses persalinan. Hal ini sebaiknya anda pertimbangkan jauh jauh hari.

Kehamilan muda 3 bulan pertama

Menjaga kehamilan muda
Selama 12 minggu pertama atau 3 bulan kehamilan, anda akan mengalami penambahan berat badan 1 atau 2 Kg, atau kurang jika anda mengalami Mnqkness. Sebagian besar penambahan berat badan berada di plasenta, payudara, rahim dan dalam darah.

  • Selama kehamilan metabolisme tubuh bekerja lebih keras, detak jantung dan tingkat pernapasan akan lebih cepat dari biasanya.
  • Hormon dapat membuat payudara anda menjadi lebih lembut dan menjadi lebih besar dan lebih berat. 
  • Rahim akan terasa lebih besar, hal ini memberikan tekanan kepada kandung kemih, sehingga anda akan lebih sering buang air kecil.

Bagian ini akan memberikan gambaran dalam pertumbuhan janin bayi dan tubuh anda setiap minggunya. Jika pertumbuhan anda berbeda dengan ringkasan dibawah ini, anda jangan merasa khawatir, karena setiap wanita akan mengalami kehamilan yang sedikit berbeda.

Selama kehamilan muda, anda harus sering sering untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Berikut ini adalah informasi perkembangan ibu dan janin bayi selama 3 bulan pertama :

Minggu ke 3

Bunda
Pada tahap ini, Anda tidak akan melewatkan waktu Anda dan tidak akan tahu jika Anda sedang hamil.
  
Buah hati
Selama minggu ke telur yang telah dibuahi akan masuk ke lapisan rahim dan menetap disana.

Minggu ke 4

Bunda
Selama minggu ke 4, anda masih bertanya tanya, apakah akan muncul period menstruasi anda. Jika tidak muncul maka anda akan merasa gembira akan kehamilan anda.

Buah hati
Sel sel bayi mulai berkembang, yang akan membentuk organ organ bayi anda seperti sistem saraf, tulang, otot dan darah.

Minggu ke 5

Bunda
Pada minggu 5, haid terlambat sehingga anda mungkin mulai berpikir bahwa Apakah anda hamil, dan anda mungkin memperhatikan bahwa payudara Anda sedikit lebih besar dan lembut untuk disentuh.

Begitu haid anda mengalami keterlambatan, anda dapat melakukan test urine. Agar lebih yakin dapat pergi ke dokter untuk melaukan test kehamilan.

Beberapa wanita mungkin sudah mengalami mual dan muntah muntah pada saat ini. Ini dikenal sebagai mickenesskness, walaupun terjadinya kapan saja, bisa isang atau malam. Tetapi tingkat paling parah terjadi pada saat pagi hari.

Buah hati
Pada minggu ke 5, buah hati anda berukuran sekitar 2 mm panjang. Tulang belakan, otak, otot dan tulang lain  dari buah hati anda sudah mulai terbentuk.

Minggu ke 6

Bunda
Pada minggu ini akan mulai merasa lelah pada tubuh, anda dapat melakukan aktifitas ringan seperti berenang, berjalan santai. Olahraga ringan akan membantu perasaan lelah anda.

Buah hati
Pada minggu ke 6 ini, embrio bayi anda akan memiliki detak jantung. Darah akan terpompa disekitar bayi, sepanjang tali pusar dan plasenta. Untuk anda ketahui, plasenta berperan sebagai filter, hal ini untuk memasukkan nutrisi dan oksigen ke buah hati, dan menghilangkan karbondioksida dan produk jelek lainnya. plasentadisebut juga tembuni.

Kepala dan tubuh buah hati anda akan mulai terlihat dan terbentuk, dimana akan muncul lengan dan kaki yang mengembang. Panjang bayi akan sekitar 6 mm panjangnya, seukuran sebutir beras.

Minggu ke 7

Bunda
Beberapa wanita akan mengalami gejala emosional selama minggu-minggu awal kehamilan - ini disebabkan terutama oleh hormon kehamilan.

Beberapa wanita mungkin memperhatikan bahwa payudara mereka lebih besar sekarang dan daerah (areola) sekitar puting berubah menjadi gelap. 

Buah hati
Sumsum tulang belakang bayi dan otak sedang berkembang, buah hati anda sudah terlihat dibungkus oleh kantung membran yang berisikan air ketuban. Lubang hidung dan bibir mulai muncul di wajah bayi anda dan matanya mulai terlihat dibawah kulit.

Minggu ke 8

Bunda
Anda tidak akan menyukai beberapa makanan favorit anda sebelumnya, beberapa wanita akan merasakan rasa seperti logam di mulutnya. Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan. Seiring rahim anda tumbuh, anda akan merasakan ingin buang air terus, karena peningkatan tekanan pada kandung kemih anda.

Pada tahap ini banyak wanita yang akan mengalami keputihan. Hal ini cukup normal, kecuali anda mengalami gatal, rasa tidak nyaman atau bau yang tidak menyenangkan. Jika terjadi hal ini anda dapat menghubungi dokter atau bidan, karena hal ini menjadi tanda dari infeksi vagina atau sariawan. Namun hal ini dapat dengan mudah diobati.

Buah hati
Buah hati anda mulai tampak seperti manusia mini, semua dapat dilihat tangan, tubuh dan kaki. Semua pertumbuhan ini hal yang liar biasa, namun ukurannya masih terbilang kecil, sekitar 1,3 cm.

Minggu ke 9

Bunda
Banyak orang berbicara tentang "kecantikan masa hamil", hal ini mengacu pada perubahan kulit dari bunda. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan minyak pada kulita karena bertambahnya hormon kehamilan. tetapi tidak semua wanita tidak mengalami hal ini, beberapa wanita mungkin akan bertambah jerawat, karena kelebihan minyak ini. Bahkan beberapa wanita mengalami kulit yang kering. Untuk hal ini, sebaiknya anda meminum banyak air ( 6 - 8 gelas perhari ) yang akan membantu kulit anda.

Buah hati
Pada minggu ke 9 ini, buah hati anda disebut dengan janin bayi, bukan embrio lagi. Pada tubuh akan mulai tumbuh tungkai dengan cepat, dan jari tangan kaki akan mulai terbentuk. kerangka tubuh yang awalnya merupakan tulang rawan sekarang berubah menjadi tulang.

Minggu ke 10

Bunda
Anda mungkin merasakan bahwa pakaian anda mulai ketat disekitar payudara dan pinggang dan perut mungkin akan terlihat besar.Perut anda yang terlihat besar disebabkan perubahan usus, bukan rahmi yang membesar dan anda tidak perlu khawatir. Rahim anda akan seukuran buah jeruk.

Buah hati
buah hati anda sekarang memiliki panjang sekitar 2,5 cm dan memiliki jari-jari kecil dan jari kaki.

Minggu ke 11

Bunda
Beberapa bunda mengalami masalah sembelit pada masa kehamilan mereka.  Pada saat anda hamil, hormon kehamilan membuat gerakan usus agak santai, yang berarti makanan tidak melewati usus dengan cepat. Hal ini dapat dibantu dengan banyak mengkonsumsi serat dalam diet anda dan minum banyak air. Tetapi jika anda mengalami masalah, diskusikanlah dengan dokter atau bidan atau apoteker mengenai obat pencahar yang baik dalam masa kehamilan.
 
Buah hati
Semua organ bayi akan mulai terbentuk, termasuk indung telus atau testis.

Minggu 12

Bunda
Pada minggu ini morning sickness akan berkurang, dan rasa lelah anda juga berkurang. Rahim akan tumbuh lebih tinggu dari panggul anda.


Buah hati
Kepala buah hati anda akan menjadi bulat, kelopak mata telah terbentuk dan menutup mata. Pada tahap ini detak jantung janin akan tedengar oleh alat detektor janin.