Pencegahan penyakit diare pada anak

Kesehatan anak - Berikut dibawah ini adalah beberapa fakta mengenai penyakit diare yang perlu anda ketahui :

  • Penyakit diare adalah penyebab utama kedua kematian pada anak-anak di bawah usia lima tahun. Hal ini dapat dicegah dan diobati.
  • Setiap tahun penyakit diare membunuh sekitar 760.000 anak balita di seluruh dunia.
  • Sebuah proporsi yang signifikan dari penyakit diare dapat dicegah melalui air minum yang aman dan bersih serta saniatasi lingkungan yang memadai dan bersih.
  • Secara global, ada hampir 1,7 miliar kasus diare setiap tahun.
  • Diare merupakan penyebab utama kekurangan gizi pada anak-anak di bawah lima tahun.
pencegahan penyakit diare - sawarnahidup.com
Penyakit diare adalah penyakit yang menduduki peringkat kedua yang menyebabkan kematian pada anak-anak di bawah lima tahun, dan bertanggung jawab atas kematian sekitar 760.000 anak setiap tahun. Penyakit diare dapat berlangsung selama beberapa hari, dan dapat menghabiskan zat air dan garam dalam tubuh, yang diperlukan untuk kelangsungan hidup. Kebanyakan orang yang meninggal akibat diare sebenarnya meninggal karena dehidrasi parah dan kehilangan cairan.

Hal ini lebih beresiko pada anak-anak yang kekurangan gizi atau memiliki gangguan imunitas, seperti menderita penyakit HIV. Penyakit diare sebenarnya bisa dicegah sebelum mengakibatkan kematian, namun pengetahuan orang yang masih awam dapat menyebabkan kematian balita anda, terutama bagi bagi pasangan muda yang baru menikah. Mereka belum berpengalaman terhadap mengurus balita, hal ini lah yang menyebabkan tingginya resiko kematian.

Diare dapat didefiniskan jika anda atau balita melakukan buang tinja lebih dari 3 kali dalam sehari ( normalnya 3 atau kurang ). Tinja yang tidak berbentuk ( cair ) merupakan salah satu gejaladiare, untuk bayi  ditambah dengan warna tinja yang pucat.

pencegahan penyakit diare - sawarnahidup.com

Diare merupakan gejala infeksi pada saluran usus, hal ini disebabkan oleh berbagai organisme bakteri, virus dan parasit. Infeksi ini disebabkan oleh makan yang terkontaminasi atau oleh air minum, atau dari gaya hidup atau lingkungan yang buruk.


Salah satu pencegahan diare adalah dengan meminum air minum yang aman, sanitasi lingkunagn yang baik dan cuci tangan dengan sabun dapat mengurangi resiko terkena penyakit ini. Pengobatan diare dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air matang yang bersih, gula, gaaram dan Zinc tablet.

Ada 3 jenis kategori klinis dalam diare :
  1. Diare akut - berlangsung beberapa jam atau hari, dan termasuk kolera.
  2. Diare berdarah akut - juga disebut disentri; dan
  3. Diare persisten - berlangsung 14 hari atau lebih.

Lingkup penyakit diare


Penyakit diare merupakan penyebab utama kematian anak di dunia, dan sebagian besar dihasilkan dari sumber makanan dan air yang terkontaminasi. Di seluruh dunia, 780 juta orang kekurangan akses terhadap air minum dan 2,5 miliar kurangnya sanitasi. Umumnya infeksi diare berkembang di seluruh negara negara berkembang.

Di negara-negara berkembang, anak-anak di bawah tiga tahun mengalami penyakit diare sebanyak 3 kali dalam periode satu tahun. Setiap kali menghalangi diare akan membuat tubuh anak menyerap nutrisi yang diperlukan pada masa pertumbuhannya. Akibatnya, diare bisa disebabkan sebagai penyebab utama dari Malnutrisi, dan anak-anak yang kekurangan nutrsisi akan lebih mudah terjangkit diare kembali.

Dehidrasi

pencegahan penyakit diare - sawarnahidup.com
Ancaman lain yang paling parah yang ditimbulkan oleh diare adalah dehidrasi. Selama mengalami penyakit diare, air dan elektrolit (natrium, klorida, kalium dan bikarbonat) akan hilang melalui cairan tinja, keringat, muntah, urine dan pernapasan. Dehidrasi terjadi ketika kekurangan cairan ini segera diganti.


Derajat dehidrasi berperingkat pada tiga skala.
  • dehidrasi awal - tidak ada tanda-tanda atau gejala.
  • dehidrasi sedang : haus, perilaku gelisah atau pemarah, elastisitas kulit menurun, mata cekung.
  • dehidrasi berat : gejala menjadi lebih parah, shock, dengan kesadaran berkurang, kurangnya urin, dingin, ekstremitas lembab, denyut nadi cepat dan lemah, tekanan darah rendah atau tidak terdeteksi, dan kulit pucat.

Kematian dapat terjadiapabila dehidrasi parah, dan jika cairan tubuh dan elektrolit yang tidak diisi ulang, baik melalui penggunaan garam rehidrasi oral (oralit) solusi, atau melalui infus.

Jika anak anda mengalami diare, pertolongan pertama adalah dengan memberikan oralit dan cairan gula. Tahap awal diare adalah buang air cairan ( mencret ), keringat dingin, untuk ini anda dapat memberikan pertolongan pertama seperti di atas. Namun jika sudah mengalami muntah, saya harapkan anda segera mungkin membawa ke dokter untuk segera di infus, hal ini karena cairan tidak dapat masuk ke dalam tubuh.  

pencegahan penyakit diare - sawarnahidup.com


Penyebab


  • Infeksi: Diare adalah gejala dari infeksi yang disebabkan oleh sejumlah organisme bakteri, virus dan parasit, yang sebagian besar disebarkan oleh air tinja terkontaminasi. Infeksi lebih umum ketika ada kekurangan sanitasi yang memadai dan kebersihan dan air yang aman untuk minum, memasak dan membersihkan. Rotavirus dan Escherichia coli adalah dua agen penyebab paling umum dari diare di negara berkembang.
  • Malnutrisi: Anak-anak yang meninggal akibat diare sering menderita kekurangan gizi yang mendasari, yang membuat mereka lebih rentan terhadap diare. Setiap episode diare, pada gilirannya, membuat kekurangan gizi mereka bahkan lebih buruk. Diare merupakan penyebab utama kekurangan gizi pada anak-anak di bawah lima tahun.
  • Sumber: Air yang terkontaminasi dengan kotoran manusia, misalnya dari limbah, septic tank dan jamban, menjadi perhatian khusus. kotoran hewan juga mengandung mikroorganisme yang dapat menyebabkan diare.
  • Penyebab lain: penyakit diare juga dapat menyebar dari orang ke orang, diperburuk oleh kebersihan pribadi yang buruk. Makanan merupakan penyebab utama diare ketika disiapkan atau disimpan dalam kondisi tidak higienis. Air dapat mencemari makanan selama irigasi. Ikan dan makanan laut dari air yang tercemar juga dapat menyebabkan penyakit.
    Pencegahan dan pengobatan

Langkah-langkah utama untuk mencegah diare meliputi:

  • Akses ke air minum yang aman
  • penggunaan sanitasi
  • mencuci tangan dengan sabun
  • ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan
  • Baik pribadi dan kebersihan makanan
  • Pendidikan kesehatan tentang bagaimana infeksi menyebar
  • Vaksinasi rotavirus.

Langkah-langkah kunci untuk mengobati diare meliputi berikut ini:

  1. Rehidrasi: dengan rehidrasi garam oralit ( oral rehydration salts/ORS ). ORS adalah campuran air bersih, garam dan gula. Biayanya hanya beberapa ribu perkonsumsi. Oralit diserap dalam usus halus dan menggantikan air dan elektrolit yang hilang dalam kotoran.
  2. Zinc suplemen: suplemen zinc mengurangi durasi dari penyakit diare sebesar 25% dan berhubungan menurunkan volume pembuangan tinja sebanyak 30%.
  3. Rehidrasi: dengan cairan intravena ( intravenous fluids/infus ) dalam kasus dehidrasi berat atau syok.
  4. Makanan yang kaya gizi: lingkaran setan ( diare - kekurangan gizi - diare - kekurangan gizi - dst ) ini dapat dihentikan dengan terus memberikan makanan kaya nutrisi, termasuk ASI, dan dengan memberikan makanan bergizi, termasuk ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan.
  5. Konsultasi kesehatan profesional, khususnya untuk pengelolaan diare persisten atau ketika ada darah dalam tinja atau jika ada tanda-tanda dehidrasi.
Demikian artikel  Pencegahan penyakit diare pada anak, semoga bermanfaat.