Beberapa cara alami memutihkan gigi

Kenapa gigi bisa jadi kuning?

Cara Alami Memutihkan Gigi yang gak Mainstream (A.K.A. Unik)Banyak penyebab kenapa gigi bisa menjadi kuning. Lapisan terluar dari gigi disebut enamel, jaringan yang paling kuat dalam tubuh kita, tebalnya sekitar 1-1,5mm. Ketebalan dari lapisan enamel ini berubah dengan pertambahan usia, dan menjadi semakin tipis di usia senja. Menipisnya enamel, membuat gigi terlihat semakin menguning dikarenakan lapisan kedua dari gigi semakin terlihat, yang disebut dentin yang dominan berwarna kuning. Makanan juga dapat membuat gigimu menjadi kuning. Mulai dari kopi, teh, anggur merah, dan merokok dapat mengotori gigi. Lantas apa solusinya?

Kenapa gigi bisa jadi kuning?

 


Beberapa cara alami memutihkan gigi

Kebiasaan rutin membersihkan gigi

Kebiasaan rutin membersihkan gigi
Menggosok gigi merupakan bagian terpenting dari rutinitas perawatan gigimu
  • Untuk mulut dan gigi yang sehat, para ahli menyarankan agar menggosok gigi 2 kali sehari selama 2 menit dengan sikat gigi berbulu lembut.
  • Gosok lidah untuk menghilangkan bakteri dan menjaga nafas tetap segar.
  • Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Hindari menempatkan sikat gigi di wadah tertutup karena bakteri dapat terakumulasi disela-sela bulu sikat gigi yang dapat mengarah pada plak, kerusakan enamel, dan infeksi mulut. Bilas sikat gigi sebelum dan sesudah pemakaian.  
  • Berkumur dengan air setelah makan atau minum kopi akan membantu mengurangi sisa makanan atau residu pada gigi dan mencegah noda dan kerusakan gigi.

Coba Arang Aktif

Arang Aktif
Cara Alami Memutihkan Gigi yang gak Mainstream (A.K.A. Unik)Arang aktif atau yang biasa kita kenal dengan Norit ternyata dapat digunakan sebagai alternatif alami untuk memutihkan gigi lho. Arang aktif memiliki sifat absorbent atau penyerap yang ampuh untuk senyawa organik yang umumnya digunakan dalam kasus keracunan. Sifatnya inilah yang mampu menyerap racun didalam tubuh saat dikonsumsi dan dikeluarkan melalui pencernaan. Tetapi kenapa arang aktif dapat digunakan untuk memutihkan gigi? Dilansir dari wellnessmama arang aktif dapat digunakan untuk memutihkan gigi dan terbukti memberikan gigi yang lebih putih bersinar.

Berikut cara penggunaannya:
  • Hancurkan 1-2 tablet arang aktif dan tuang bubuknya ke dalam gelas
  • Tambahkan sedikit air (satu sendok teh cukup) untuk membuat pasta (kekentalan campuran seperti saos)
  • Tempelkan ke seluruh permukaan gigi kamu sampai merata (tidak perlu digosok)
  • Diamkan selama 3 menit, kemudian bilas
Bagaimana cara kerjanya?

Arang aktif yang memiliki sifat absorbent akan menempel pada plak, kotoran dan tannin (yang membuat gigi menguning) yang menempel pada gigi dan memaksanya melepas ikatan dengan gigi sehingga setelah dibilas dan gosok gigi seperti biasa, tannin, plak dan kotoran akan ikut terbawa bersama arang aktif dan gigi pun menjadi lebih bersih bersinar.

Keajaiban Kunyit

Kunyit
Cara Alami Memutihkan Gigi yang gak Mainstream (A.K.A. Unik)Menggunakan kunyit untuk memutihkan gigi? Apa sudah gila? Kunyit memang berwarna kuning dan selalu meninggalkan warna kuning di setiap benda yang ia sentuh termasuk tangan saat memasak menggunakan kunyit. Bagaimana bisa kunyit memutihkan gigi? Mekanismenya masih menjadi misteri dan belum ada penelitiannya tetapi it's work, ya cara ini memang terbukti berhasil seperti yang diceritakan oleh mommypotamus disini.

Selain itu beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit itu baik untuk kesehatan mulut. Studi ini menemukan bahwa kunyit memiliki efek yang positif pada peradangan gingival, sementara dalam Journal of Natural Biology, Science & Medicine review menyimpulkan bahwa kunyit dapat bermanfaat dalam mengurangi nyeri gigi.Siap mencoba kunyit untuk memutihkan gigimu? yuk simak caranya berikut:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • Kunyit bubuk organik
  • Sikat gigi
Metode:
  • Basahi sikat gigimu dan celupkan 1/8 sendok makan kunyit bubuk. Gosok gigi seperti biasa, tapi daripada langsung berkumur saat kamu selesai, biarkan tanpa berkumur dan menempel di gigi selama 3-5 menit untuk dapat hasil terbaik.
  • Berkumur sampai bersih dan jika ada noda kuning di sekitar mulut bisa dibersihkan dengan sabun. Kemudian lanjutkan dengan menggosok gigi dengan pasta gigi seperti biasa, dan berkumur sampai bersih. Jika dilakukan dengan tepat dan berkumur yang bersih maka gigi akan menjadi lebih bersih dan bersinar.

Kulit Buah Pisang

Kulit Buah Pisang
Daripada menyianyiakan kulit pisang untuk langsung di buang, lebih baik dipakai buat memutihkan gigi. Emang bisa? Kandungan potassium, magnesium, dan manganese yang tinggi pada pisang yang matang ternyata dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Selain itu kulit pisang tinggi kalsium dan vitamin D. Berikut caranya:

  • Pilih pisang yang matang, tetapi hindari yang kulitnya menghitam.
  • Kupas kulit pisang dengan cara dari bawah ke atas karena yang kita butuhkan adalah lapisan kulit yang masih baru.
  • Gosok bagian dalam kulitnya ke kiri dan kanan hingga seluruh gigi terlapisi. Diamkan 10 menit.
  • Selama proses, bukalah mulut dan jauhkan gigi dari bibir kamu. Mungkin terasa tidak nyaman, tetapi cara ini akan menjaga lapisan pisang bekerja dengan baik pada gigi.
  • Setelah 10 menit, sikatlah gigi dengan sikat gigi kering. Sikat dengan gerakan memutar selama 1 - 3 menit.
  • Kemudian basahi sikat gigi dan gunakan pasta gigi untuk membersihkan sisa-sisa pisang di gigi.
Kamu bisa mengulangi cara ini sekali sehari. Tentunya tidak ada cara instan yang dapat memutihkan gigi seketika. Dengan perawatan rutin dan teratur, maka gigi putih bersinar bukan lagi impian.

Oil Pulling untuk kesehatan mulut

Oil Pulling
Pernah mendengar tentang oil pulling? Konsepnya simpel yaitu dengan berkumur menggunakan minyak umumnya minyak kelapa (pilih yang organik ya) dalam mulut selama 20 menit untuk membantu menghilangkan plak dan bakteri dari mulut. Minyak kelapa terbukti efektif melawan bakteri streptococus mutans yang berkontribusi terhadap gigi berlubang dan gangguan gusi.[8] Selain itu telah dilakukan penelitian awal mengenai oil pulling dan terbukti efektif dalam mengurangi plak.

Yang perlu dihindari

makanan merusak gigi
  • Makanan yang lengket, chewy, dan manis
  • Minuman yang berwarna gelap seperti kola, teh, dan kopi yang dapat mengotori gigi.
  • Batasi asupan buah yang mengandung asam sitrat seperti jeruk, lemon, buah berry dan tomat. Terlalu banyak asam sitrat dapat menyebabkan erosi enamel.[10] Tetapi, jangan sepenuhnya menghindari buah-buahan ini karena buah-buahan ini mengandung banyak nutrisi yang penting untuk fungsi tubuh.
  • Merokok, Merokok sangat berbahaya untuk kesehatan mulut karena dapat menyebabkan gigi menguning, gangguan gusi, kanker mulut, mengurangi kemampuan indera perasa dan penciuman, dan nafas tak sedap.

Makanan yang memperkuat gigi

Makanan yang memperkuat gigi
Cara Alami Memutihkan Gigi yang gak Mainstream (A.K.A. Unik)Makan buah dan sayur yang segar, berair, dan renyah untuk membantu membersihkan gigimu seperti mentimun, wortel, brokoli, dan seledri.

Penuhi asupan kalsium. Kalsium merupakan mineral yang penting dalam pembentukan gigi dan tulang yang kuat.Asupan kalsium dapat diperoleh dari sumber alami berikut:
  • Tofu
  • Sayuran berdaun gelap seperti bayam, dan kale
  • Kacang almond, hazelnut dan kacang brazil
Dapatkan vitamin D yang cukup.Vitamin D membantu tubuh untuk menyerap dan menggunakan kalsium. Vitamin D juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun kamu untuk melawan bakteri, virus, dan radikal bebas yang dapat merusak gigi. Cara paling mudah untuk mendapatkan Vitamin D adalah dengan berjemur di pagi hari. Tubuhmu dapat menghasilkan vitamin D secara alami saat terpapar sinar matahari. Orang dengan kulit cerah disarankan mendapat paparan sinar matahari minimal selama 10-15 menit perhari dan 30 menit minimal untuk kulit yang lebih gelap.