Arti warna sperma bagi kesehatan pria


Kesehatan Pria - Warna putih adalah warna sperma yang sehat, walaupun sering didapati warna kuning muda.Sedang warna kuning kehijauan merupakan tanda anda sedang mengalami infeksi yang serius, terutama jika disertai dengan gejala lainnya. Sedangkan warna merah muda, merah dan coklat berarti semen anda terkontaminasi darah, ini merupakan pertanda mengalami infeksi atau cidera pada bagian tertentu. Warna semen mengalami perubahan setiap harinya, jika terjadi perubahan warna yang mendadak dan perasaan sakit atau tidak nyaman dibagian vital anda, maka harus segera diperiksakan oleh dokter.

Istilah medis untuk ejakulasi pria adalah semen, tetapi kebanyakan orang menyebutkan sperm. Untuk warna semen yang normal, putih dan keabu-abuan, hal ini disebabkan karena kandungan protein dalam jumlah besar dalam sekresinya.

kesehatan pria - warna sperma

Warna kuning bisa dianggap normal untuk warna sperma anda. Hal ini terjadi karena dalam sperma tersebut mengandung banyak sperma yang mati. Jika seorang pria tidak mengalami ejakulasi selama beberapa bulan atau tahun, maka sperma dalam tubuhnya akan bisa mati. Setelah mengalami ejakulasi beberapa kali, biasanya warna sperma akan kembali normal menjadi warna putih.

Selain itu warna kuning juga bisa disebabkan oleh Urine anda. Hal ini terjadi ketika pria mengalami ejakulasi, ada kemungkinan ada urine yang terbawa. Jadi sebaiknya sebelum ejakulasi pria dapar mengosongkan kandung kemih terlebih dahulu untuk menghasilkan warna sperma yang normal. Selain itu untuk menjaga hygenisitas hubungan intim anda dan pasangan anda.

Untuk sperma berwarna kuning kehijauan menunjukkan masalah serius pada organ vital anda, seperti Infeksi Saluarn Kemih ( ISK ) atau Urinary Tract Infection ( UTI ), atau infeksi pada prostat. Beberapa penyakit menular ( APMS ), dapat menyebabkan warna sperma anda kuning kehijauan   sperma kuning atau hijau Mungkin Juga Menunjukkan masalah yang lebih serius, infeksi: seperti. Infeksi saluran kemih (ISK) atau infeksi pada prostat bisa menyebabkan sperma pria untuk Tampil kuning, misalnya. Beberapa penyakit menular seksual (PMS) Juga Dapat menyebabkan warna sperma kuning atau hijau. Gonore dan Clamydia adalah dua PMS yang dapat menyebabkan sperma anda berwarna kuning kehijauan.

kesehatan pria - anatomi sperma
Biasanya perubahan warna pada sperma disebabkan adanya infeksi pada sistem reproduksi laki laki. Selain itu muncul gejala lain seperti munculnya cairan lain dan bau busuk. Selain itu disertai dengan rasa nyeri, gatal, terbakar dan memar di alat reproduksi anda.

Untuk sperma yang berwana pink, merah atau kecoklatan, hal ini disebabkan karena adanya kandungan darah dalam sperma. Kondisi ini dikenal dengan nama Hematospermia, hal ini terjadi karena adanya pembuluh darah  kecil yang rusak pada sistem reporudksi pria. Umumnya hal ini terjadi setelah anda menjalani vasektomi, setelah beberapa hari warna sperma akan kembali menjadi normal. Jadi anda tidak perlu khawatir.









Jika bukan disebabkan vasektomi, anda dapat memeriksakan ke dokter. Warna sperma yang pink, merah atau coklat dapat disebabkan oleh penyakit atau cidera dari sistem reproduksi laki laki., termasuk prostate dan testicle.