10 Makanan detoks tubuh

Ketika tiba waktunya untuk mendetoksifikasi tubuh, ada banyak cara dan teknik yang dapat dicoba atau suplemen yang dapat dikonsumsi. Salah satu cara terbaik adalah dengan makan makanan detoksifikasi. Berikut adalah daftar makanan detoks yang merupakan tambahan yang bagus untuk diet.


1. Buah
Buah-buahan yang mengandung cairan yang tinggi akan membantu membersihkan tubuh anda dari racun. Buah buahan juga sangat mudah untuk dicerna dan banyak mengandung antioksidan, nutrisi, serat, dan vitamin penting bagi tubuh anda.

2. Green Foods
Isi kulkas Anda dengan jelai ( barley ), rumput gandum, kangkung, bayam, spirulina, alfalfa, chard, arugula, atau sayuran hijau organik lainnya. Tanaman ini akan membantu memberikan klorofil bagi tubuh anda yang membantu sistem pencernaan anda dengan mendorong racun keluar.

Klorofil membersihkan tubuh dari racun-racun akibat lingkungan yang berbahaya, seperti racun logam, herbisida, produk pembersih dan pestisida yang terbawa pada makanan anda. Klorofil juga membersihkan racun di hati anda.

3. Lemon, Jeruk, dan Limes

Aneka buah jeruk membantu tubuh dengan membilas racun dan membersihkan saluran pencernaan dengan proses enzimatik. Selain itu jus lemon membersihkan hati. Untuk meningkatkan detoksifikasi tubuh, mulailah setiap pagi dengan segelas air hangat lemon.

Ingat, vitamin C adalah salah satu vitamin detoks terbaik di sekitar, karena mengubah racun menjadi bahan dicerna. Makan makanan yang mengandung vitamin c akan memberikan anda banyak manfaat.

4. Bawang putih

Bawang putih membantu untuk merangsang hati untuk memproduksi enzim detoksifikasi yang membantu menyaring residu beracun dari sistem pencernaan. Saya merekomendasikan tentang penambahan bawang putih dengan cara diiris atau dimasak pada hidangan anda.

5. Brokoli

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, kemampuannya untuk merangsang enzim detoksifikasi di saluran pencernaan tak tertandingi. Lebih baik dikonsumsi pada fase kecambah, karena lebih bermanfaat dibandingkan seayuran yang tumbuh dewasa.

6. Teh Hijau

Teh hijau memiliki antioksidan tinggi yang dapat memberihkan racun  dari sistem tubuh anda, selain itu mengandung oksidan khusus yang disebut katekin, yang dikenal untuk meningkatkan fungsi hati.

7. Kacang Hijau
Kacang hijau telah digunakan selama ribuan tahun dalam sitem pengobatan india ( Ayuverdic ). Selain mudah dicerna, kacang hijau akan membantu menyerap residu beracun dari dinding usus anda.

8. Sayuran Mentah

Apapun sayurannya, bawang, wortel, artichoke, asparagus, brokoli, kubis, kale, kubis Brussel, kembang kol, bawang putih, bit, kunyit, dan oregano semuanya bagus dikonsumsi mentah atau dijadikan lalapan. Kombinasi makanan ini akan membantu proses pembersihan  racun dari hati anda. Sayuran mentah tinggi akan kandungan sulfur dan glutathione. Sulphur membantu hati mendetoksifikasi bahan kimia berbahaya.

9. Biji dan Kacang

Konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan dalam diet sehat anda. Biji rami, biji labu, almond, kenari, biji rami, biji wijen, biji chia, kacang cedar Siberia, dan biji bunga matahari adalah pilihan yang sangat baik untuk detoksifikasi, dan hindari memakan selai kacang.

10. Minyak Omega-3

Gunakan minyak dari alpukat, zaitun, atau biji rami pada program detosifikasi. Hal ini akan membantu melumasi dinding usus, sehingga racun tersebut diserap oleh minyak, dan dibuang dari tubuh.