Mengenali gejala serangan jantung, 1 bulan sebelum terjadi

Penyebab terbanyak serangan jantung diakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Serangan jantung terutama disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Pada penyakit jantung koroner, sejenis lilin yang disebut plak terbentuk di bagian dalam arteri jantung.

Apakah anda tahu bahwa penyebab utama kematian dini di seluruh dunia adalah serangan jantung? Terlebih dengan stres pada pekerjaan dan junk food yang kita terus dikonsumsi adalah penyumbang utama dari penyakit jantung. 


Mulailah untuk beralih pada gaya hidup sehat dan coba turunkan tingkat stress anda, hal ini akan membantu mengurangi serangan gagal jantung. Selain itu mengetahui gejala serangan jantung sebulan sebelumnya mungkin akan membantu anda untuk mengantisipasinya .


Pastikan jika anda mengalami gejala dibawah ini, anda harus ekstra hati hati, hubungi dokter anda atau mulailah gaya hidup yang lebih sehat.
1. Gejala Kelelahan dan mengantuk
Ketika arteri mengalami penyempitan, jantung akan menerima aliran darah jauh lebih sedikit dari yang seharusnya. Hal ini akan membuat jantung anda bekerja jauh lebih keras daripada biasanya. Hal ini akan menimbulkan gejala kelelahan dan mengantuk sepanjang waktu.

2. Gejala Sesak napas
Ketika jantung anda mengalami kekurangan darah, hal ini mengakibatkan kurangnya oksigen yang masuk ke paru paru anda. Kedua sistem ini saling bergantung satu sama lain, hal ini bisa dijadikan sebagai indikator serangan jantung. Jika mengalami kesulitan bernapas, hal terbaik adalah dengan berkonsultasi dokter sesegera mungkin, ini mungkin bisa menjadi suatu serangan jantung.

3. Gejala mengalami kelemahan
Dikarenakan arteri mengalami penyumbatan, atau berubah menjadi sempit, maka sirkulasi darah anda ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar seperti biasanya. Otot-otot anda tidak akan mendapatkan suplai yang cukup dari sirkulasi darah anda. Hal ini akan mengakibatkan anda mungkin jatuh tanpa sebab, untuk itu berhati hatilah dan konsultasikan dengan dokter anda.

4. Pusing dan dingin berkeringat
Sirkulasi darah yang buruk juga menyebabkan berkurangnya jumlah aliran darah ke otak. Pada awalnya akan menyebabkan pusing, dan anda jangan abaikan hal ini. Hal ini lebih bersiko ke arah kematian, karena kurangnya supplai darah ke otak.

5. Gejala tekanan pada dada
Jika anda mengalami gejala-gejala timbulnya dari kemungkinan serangan jantung, anda akan mengalami ketidaknyamanan di daerah sekitar dada, apakah itu rasa sakit ringan atau perasaan ditekan secara terus menerus. Ini akan terus mengalami peningkatan sampai serangan jantung itu terjadi.

6. Gejala flu atau demam
Sebelum serangan jantung terjadi, banyak orang mengalami gejala flu dan demam yang mendadak. Biasanya terjadi dalam beberapa hari sebelum terjadinya serangan jantung.

Bagaimana untuk menangani hal ini:

Jika anda atau seseorang yang anda kenal mengalami gejala ini, silakan arahkan menuju dokter sesegera mungkin. Tapi hal itu bukanlah suatu solusi, Cara terbaiknya adalah mencegah serangan jantung sedini mungkin dengan, pola hidup sehat dan rajin berolahraga.